You are currently viewing Pengertian Pajak dan Ciri Cirinya

Pengertian Pajak dan Ciri Cirinya

Pengertian Pajak – Pajak merupakan pungutan wajib dari masyarakat kepada negara. Setiap uang pajak yang dibayarkan seseorang akan dimasukkan dalam penerimaan negara dari sektor pajak. Ini digunakan untuk mendanai pengeluaran pemerintah pusat dan daerah untuk kesejahteraan rakyat.

Uang pajak digunakan untuk kepentingan umum dan bukan untuk kepentingan pribadi. Pajak merupakan salah satu sumber pendanaan pemerintah untuk membiayai pembangunan di pusat dan daerah, seperti menciptakan utilitas umum, anggaran kesehatan dan pendanaan kesehatan, serta kegiatan produktif lainnya. Pemungutan pajak dapat ditegakkan karena dilakukan sesuai dengan undang-undang.

Ciri Ciri Pajak

Pajak adalah Iuran Wajib Bagi Warga Negara

Artinya, setiap orang harus membayar pajak. Namun, ini hanya berlaku untuk warga negara yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif. Yakni, warga negara yang penghasilannya melebihi penghasilan tidak kena pajak (PTKP).

PTKP sekarang ini Rp 54.000.000,- / tahun ataupun Rp 4.500.000 juta / bulan. Maksudnya, bila Kamu mempunyai pemasukan lebih dari  Rp 4.500.000 juta / bulan, Kamu pasti dikenakan pajak.

manfaat dan fungsi pajak
manfaat dan fungsi pajak

Sedangkan itu, bila Kamu merupakan seseorang pengusaha ataupun pengusaha dengan tingkatan omset, tarif 0, 5% per sH diterapkan dari total omset( omset) yang berjumlah Rp. 4, 8 miliyar dalam satu tahun pajak( bersumber pada PP 23 tahun 2018). 

Pajak Dikenakan pada Setiap Warga Negara

Jika seseorang telah memenuhi syarat subjektif dan objektif, ia harus membayar pajak. Dalam KUHP dijelaskan bahwa jika seseorang dengan sengaja tidak membayar pajak yang terutang, maka akan diancam dengan sanksi administrasi atau denda pidana.

Warga tidak Menerima Imbalan  Langsung

Retribusi berbeda dengan pajak. Contoh retribusi: Jika Anda memperoleh keuntungan parkir, Anda harus membayar sejumlah uang, yaitu biaya parkir, tetapi pajaknya tidak dibayarkan. Pajak merupakan salah satu sarana pemerataan pendapatan warga negara.

Jadi, jika Anda membayar pajak tertentu, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan pajak. Itu akan diperoleh, seperti berupa perbaikan jalan di daerah Anda, fasilitas kesehatan gratis untuk keluarga, dana pendidikan untuk anak, dll.

Berdasarkan Undang Undang

Ini berarti bahwa pajak diatur oleh hukum negara. Ada beberapa undang-undang yang mengatur mekanisme untuk menghitung, membayar, dan melaporkan pajak.

Itulah pengertian Pajak dan ciri cirinya, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply